Jumat, 15 Mei 2020

PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)



Oleh: UJANG YUDI KARTA SASMITA, S.Pd., M.Pd/Kepala Sekolah SDN LIMUSNUNGGAL 1 Kota Sukabumi

Sukabumi, – Berbicara kepemimpinan organisasi sekolah, kepala sekolah merupakan seseorang yang berada di garda terdepan dalam upaya mencerdaskan bangsa. Kepala sekolah merupakan ujung tombak dalam keberhasilan maju atau tidaknya suatu satuan pendidikan yang ia pimpin.
Kepala sekolah memikul tanggung jawab terhadap kenyamanan dan ketertiban lingkungan sekolah serta warga sekolahnya. Rasa aman dan nyaman ini harus dirasakan oleh guru, siswa dan orangtua. Termasuk dalam hal keamanan dan kenyamanan di masa tanggap darurat Covid-19.
Kepala sekolah memegang peranan vital sebagai leader dalam membangun atmosfir pendidikan dan memastikan peserta didik tetap mendapatkan pembelajaran bermakna, seperti guru SDN LIMUSNUNGGAL 1 Kota Sukabumi yang melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) kepada siswanya dengan tetap menggunakan pembelajaran aktif.
Walaupun pembelajaran dilaksanakan di rumah, pembelajaran di SDN LIMUSNUNGGAL 1 Kota Sukabumi tetap menerapkan salah satu pembelajaran aktif MIKIR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi).

Oleh sebab itu saya yakin dengan adanya pengambilan langkah-langkah yang tepat dan koordinasi yang baik dengan seluruh pihak sekolah, maka proses pembelajaran dan pengajaran di tengah wabah Covid-19 akan berjalan lancar. Dengan adanya keputusan yang mensyaratkan siswa dan guru melakukan pembelajaran dari rumah maka kepala sekolah harus mampu menularkan semangat perubahan kepada guru, siswa dan orangtua secara cepat, dan akurat.





0 komentar:

Posting Komentar